Psikologi Industri - Pengertian dan Fungsi HRD
Bright
1. Brain : - intelektual kapital
- knowledge
- skill
2. Right : - spiritual capital
3. Talented : -kompetensi
Pengertian dan Fungsi HRD
1. Brain : - intelektual kapital
- knowledge
- skill
2. Right : - spiritual capital
3. Talented : -kompetensi
Pengertian dan Fungsi HRD
Pengertiah
HRD adalah singkatan dari Human Resources Development. Dalam ilmu terapannya,
HRD biasa disebut sebagai “Personalia” atau “Kepegawaian”. HRD dalam manajemen juga biasa disebut dengan “Human
Capitol” atau “Human Resources Management”.
Arti lain
dari Human Resources Development (Sumber Daya Manusia/SDM) adalah suatu proses
menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer
dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau
perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang
biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia. Manajemen sumber
daya manusia juga dapat diartikan sebagai suatu prosedur yang berkelanjutan
yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan
orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat
pada saat organisasi memerlukannya.
Fungsi
pertama dari manajemen sumber daya manusia (manajemen HRD) adalah pengadaan
atau procurement. Proses pengadaan bukanlah proses yang mudah justru sebaliknya
karena untuk mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang kompeten, serasi,
serta efektif tidaklah semudah membeli dan menempatkan mesin.
Fungsi
kedua dari manajemen Sumber Daya Manusia (Manajemen HRD) adalah Pengembangan
dan Evaluasi Karyawan (Development and Evaluation). Di sini peran pembekalan
atau training sangat penting untuk meningkatkan kinerja karyawan yang maksimal
dan berdaya guna.
Fungsi
ketiga adalah Kompensasi dan Proteksi. Kompensasi adalah salah satu bentuk
penghargaan dari kinerja yang bagus dari karyawan sedangkan jika karyawan tidak
berprestasi juga mendapatkan punishment atau tidak mendapatkan kompensasi.
Komentar
Posting Komentar